Social Icons

Sabtu, 01 Juni 2013

Merubah laptop menjadi pemancar wifi

Merubah laptop menjadi pemancar wifi

assalammualikum wr.wb
disini saya akan menerangkan tentang merubah laptop menjadi pemancar wifi

 memiliki beberapa gadget dengan berbagai macam fungsi bukan hal yang aneh sekarang ini, gadget-gadget terbaru sudah dibekali dengan koneksi internet baik melalui paket data dari operator seluler maupun dengan kemampuan wifi. tidak hanya laptop dan smartphone saja yang bisa terkoneksi dengan internet, beberapa merk kamera bahkan sudah dibekali dengan wifi dan gps untuk memudahkan memposting / upload hasil jepretan ke jejaring sosial ataupun situs yang lain, yang mau tidak mau pasti membutuhkan koneksi internet utamanya dengan pemancar wifi/hotspot area.

smartphone dengan sistem operasi terbaru saat ini sudah dibekali kemampuan sebagai pemancar wifi atau biasa disebut wifi tethering pada android 2.2 ke atas, fungsi tethering ini untuk membagi koneksi internet dengan device lain yang memiliki kemampuan untuk terkoneksi via wifi. berbagi internet melalui smartphone mungkin sudah hal biasa, tetapi bagaimana jika kita mempunyai koneksi di laptop entah dari kabel telkom ataupun dari modem dan kita ingin membaginya dengan perangkat lain ?

cara melakukannya sebagai berikut;
ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu cara manual dengan pengaturan pada setingan network di control panel dengan syarat sistem operasi yang kita gunakan maupun device yang akan dishare support Ad-hoc server/client (secara teknis silahkan browsing, banyak sobat blogger yang membagi cara ini, saya coba berhasil di laptop saya tapi di hengpon samsung ace 2 tidak tedeteksi karena masih perlu di root dan rubah kernel, daripada ribet ane cancel aja, sementara di nokia 5630 terdetek dan bisa konek tapi malah hang, hehe ..) dan satu lagi cara yang lebih mudah yaitu dengan software Connectify.

cara setingnya cukup mudah, hanya dengan tiga langkah dan laptop sudah bisa jadi pemancar hotspot, smarphone atau gadget lain bisa mengakses via wifi. cara setingnya adalah (langkah ini tentunya jika software ini sudah terinstal pada laptop ya .. kalo belum jangan coba-coba .. bisa ane lempar bata ntar .. hehe .. bcanda sob ..)

     beri nama hotspot yang akan dishare .. untuk pengguna versi gratis wajib menggunakan nama awalan "Connectify- " sementara untuk sobat yang beli versi PRO bisa menggunakan nama sesukanya .. enak ya orang berduit, bebas ngapain aja .. asem nan og
    pilih jaringan yang akan dishare, dari kabel atau modem DSL, modem 3G atau 4G, bahkan dari jaringan wifi  lain.
    klik "Start Hotspot" dan wifi hotpsot sudah tersedia

nah kan, kalo software belum terinstal pasti bingung deh, tapi coba ini saya kasih screenshootnya agar punya sedikit gambaran tentang software ini :



 sistem operasi yang support adalah windows XP,Vista dan 7. mungkin beberapa saat lagi akan support juga windows 8. untuk pengguna windows XP ada catatan khusus, terutama masalah pembatasan jaringan, solusinya bisa dibaca di web resminya di www.connetify.me di bagian support.

maka marilah kita sama - sama belajar memahami semua tentang yang kita dapat kan;
dan janganlah kita sombong untuk berbagi pada teman" kita...

salam hormat;
eka sahputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar